Rabu, 24 Juni 2015

Budaya yang ada di Blitar

Budaya Blitar erat kaitannya dengan budaya jawa. Contohnya di setiap memasuki tahun sura, di tempat tinggal saya selalu mengadakan takiran di setiap perempatan jalan dengan tujuan agar di setiap tikungan mendapatkan keselamatan. Hal yang paling dominan adalah adanya upacara siraman gong kyai pradah yang ada di Kecamatan Sutojayan, Kabupaten Blitar. Dengan tradisi ini dapat menambah rasa persatuan dan kegotoroyongan antar warga lodoyo, Selain itu dapat menjadi salah satu aset wisata budaya di Lodoyo khususnya, dan di Kabupaten Blitar pada umumnya.                                                        

http://www.javanologi.info/sib/admin/gambar/2514343_Pradah.JPG
 Blitar juga mempunyai makanan khas yaitu wajik kletik, yang terbuat dari gula kelapa yang terbungkus kulit jagung untuk mengemasnya..     




Selanjutnya Blitar juga mempunyai makanan khas yaitu ikan uceng( ikan-ikan kecil) ukurannya sekitar 2-3 cm hampir sama dengan ikan teri tetapi rasanya mirip dengan ikan wader karena ikan ini hidup di air tawar . Makanan ini populer di daerah Kecamatan Wlingi yang bernama warung Sukaria.         Selain itu Blitar juga dikenal dengan makanan nasi pecel dengan rasa yang lebih halus dan berminyak


Ada Nasi Pecel 
Nasi Pecel
Sedikit berbeda dengan pecel khas Malang, tekstur bumbu kacang pecel Blitar lebih halus, sedikit lebih berminyak, dan bercita rasa manis dan gurih. Bahan utama dari sambal pecel adalah kacang tanah sangrai dan cabai rawit yang dicampur dan ditumbuk dengan bahan lainnya seperti kencur, daun jeruk purutbawang putihasam jawagula merah, dan garam. Pecel sering juga dihidangkan dengan tempe goreng, rempeyek kacang, rempeyek ebi, rempeyek kedelai.
Bumbunya yg sangat terasa gurih, pedas dengan gilingan bahan yang cukup halus membuat tiap bahan yang tercampur menciptakan cita rasa yang tinggi. Sambel pecel dibuat dari perpaduan kacang tanah, gula kelapa, rempah-rempah dan bumbu rahasia serta daun jeruknya yang membuat rasanya semakin nikmat.

 Peyek uceng
Iwak peyekk.. iwak peyekk.. iwak peyek, peyek uceng.. hahaha.. Uceng adalah ikan air tawar, biasanya hidup di sungai yang airnya jernih dan mengalir deras. Ikan ini bentuknya bentuknya bulat dan memanjang kira2 sebesar jari kelingking, tidak bersisik dan terdapat garis-garis vertikal hitam di badannya. Cara membuat iwak peyek ini, aduk rata tepungberas, tepung sagu, santan,  daun jeruk dan uceng. Tuang adonan di pinggir wajan dan setengah lagi ada di dalam minyak. Rasanya gurih dan renyah banget.


Rujak Cingur
Rujak cingur adalah salah satu makanan tradisional yang mudah ditemukan di daerah Jawa Timur. Dalambahasa Jawa kata cingur berarti "mulut", hal ini merujuk pada bahan irisan mulut atau moncong sapi yang direbus dan dicampurkan ke dalam hidangan.
Rujak cingur biasanya terdiri dari irisan beberapa jenis buah seperti timun, kerahi, bengkuangmangga muda, nanaskedondong, kemudianditambah lontongtahutempecingur, serta sayuran seperti kecambah/taoge,kangkung, dan kacang panjang. Semua bahan tadi dicampur dengan saus atau bumbu yang terbuat dari olahan petis udang, air matang untuk sedikit mengencerkan, gula/gula merahcabaikacang tanah yang digoreng, bawang gorenggaram, dan irisan tipis pisang biji hijau yang masih muda (pisang klutuk). Semua saus/bumbu dicampur dengan cara diulek, itu sebabnya rujak cingur juga sering disebut rujak ulek. Rasanya yang manis dan gurih dengan potongan cingur membuat rasanya semakin nikmat.


                                                                                                                                                                    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar